Memfilter data dengan menggunakan Filter Otomatis

tutorial excel Dengan memfilter informasi di lembar kerja, Anda bisa menemukan nilai dengan cepat. Anda bisa memfilter pada satu atau beberapa kolom data. Dengan pemfilteran, Anda bisa mengontrol tidak hanya apa yang ingin Anda lihat, tetapi apa yang ingin Anda keluarkan. Anda bisa memfilter berdasarkan pilihan yang Anda gunakan dari daftar, atau Anda bisa membuat filter tertentu untuk fokus pada tepatnya data yang ingin Anda lihat.Anda bisa mencari teks dan angka saat Anda memfilter dengan menggunakan kotak pencarian di antarmuka filter.

Saat Anda memfilter data, seluruh baris tersembunyi jika nilai dalam satu atau beberapa kolom tidak memenuhi kriteria pemfilteran. Anda bisa memfilter nilai angka atau teks, atau filter menurut warna untuk sel yang memiliki pemformatan warna diterapkan ke latar belakang atau teks.

Caranya?

Gambar ikon

Pilih data yang ingin Anda filter

Contoh data yang dipilih untuk diurutkan di Excel

  1. Pada tab Data , di grup Urutkan & Filter , klik Filter.Grup Urutkan dan Filter pada tab Data
  2. Klik panah Panah turun bawah filter di header kolom untuk menampilkan daftar di mana Anda dapat membuat filter pilihan.Catatan    Bergantung pada tipe data dalam kolom, Microsoft Excel menampilkan Filter angka atau Filter teks dalam daftar.
Yang Ini Juga Menarik  TUTORIAL EXCEL - Cara membandingkan data di dua kolom untuk menemukan data ganda pada Excel

Gambar ikon

Memfilter dengan memilih nilai atau pencarian

Memilih nilai dari daftar dan mencari adalah cara tercepat untuk memfilter. Saat Anda mengklik panah dalam kolom yang memiliki pemfilteran diaktifkan, semua nilai di kolom itu muncul dalam daftar.

Memfilter data

1. Gunakan kotak pencarian untuk memasukkan teks atau angka di mana untuk pencarian

2. Pilih dan Kosongkan kotak centang untuk memperlihatkan nilai yang ditemukan di kolom data

3. menggunakan kriteria tingkat lanjut untuk menemukan nilai yang memenuhi kondisi tertentu

  1. Untuk memilih dengan nilai, dalam daftar, kosongkan kotak centang (Pilih Semua) . Ini menghapus tanda centang dari semua kotak centang. Lalu, pilih hanya nilai yang ingin Anda lihat, dan klik OK untuk melihat hasil.
  2. Untuk mencari pada teks dalam kolom, masukkan teks atau angka di kotak pencarian . Secara opsional, Anda bisa menggunakan karakter wildcard, seperi tanda bintang (*) atau tanda tanya (?). Tekan ENTER untuk melihat hasil.

Gambar ikon

Memfilter data dengan menentukan kondisi

Dengan menentukan kondisi, Anda bisa membuat filter kustom yang mempersempit data dengan cara yang tepat yang Anda inginkan. Anda melakukan ini dengan membuat filter. Jika Anda pernah dikueri data di database, ini akan terlihat familiar bagi Anda.

  1. Arahkan ke Filter angka atau Filter teks dalam daftar. Menu muncul yang memungkinkan Anda untuk memfilter di berbagai kondisi.
  2. Pilih kondisi dan lalu pilih atau masukkan kriteria. Klik tombol dan untuk menggabungkan kriteria (yaitu, dua atau beberapa kriteria yang harus keduanya terpenuhi), dan tombol atau perlu hanya salah satu dari beberapa kondisi harus dipenuhi.
  3. Klik OK untuk menerapkan filter dan mendapatkan hasil yang Anda harapkan.

Yang Ini Juga Menarik  TUTORIAL EXCEL - CONTOH SOAL EXCEL DAN PENYELESAIAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *